Selasa, 07 Maret 2017

Sejarah

SEKILAS TENTANG PORMAS dan ORMAS MKGR

1. PORMAS (Pelopor Massa) terlahir bersama terbentuknya Ormas MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong) lahir pada tanggal 3 Januari 1960. PORMAS merupakan ujung tombak Ormas MKRG dalam membumikan PANCASILA dan kebijakan-kebijakan Ormas MKGR kepada masyarakat. ORMAS MKGR yang dalam perkembangannya kemudian pada tahun 1985 diatur dan terikat oleh UU No. 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

2. Ketua Umum DPP MKGR sejak kelahirannya tahun 1960 sampai 1991 adalah Mayjen TNI (Purn) R.H. Sugandhi. Pada Mubes I tahun 1978, Drs. H. Akmal Sinin, terpilih sebagai Sekretaris Jenderal MKGR. Pada Mubes II tahun 1984 Drs. H.M. Irsyad Sudiro terpilih sebagai Sekretaris Jenderal dan pada Mubes III tahun 1989 terpilih kembali sebagai Sekretaris Jenderal DPP MKGR. Sebagai pendiri
MKGR bersama-sama dengan pimpinan TNI AD dan tokoh nasional lainnya, R.H. Sugandhi turut serta membidani kelahiran Sekber GOLKAR (Sekretariat Bersama Golongan Karya) pada 20 Oktober 1964. Sampai akhir hayatnya beliau tetap menjadi tokoh Golkar. R.H. Sugandhi pernah menjadi ajudan Presiden Soekarno, sedang jabatan kenegaraan yang pernah diembannya adalah Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Agung RI.

3. Kelahiran MKGR terjadi secara alamiah dari panggilan sejarah, tidak lewat upacara yang disambut oleh para pejabat tinggi atau orang-orang berpengaruh. Yang ikut menyaksikan kelahiran bayi MKGR ini antara lain Thoyib Pardjojo, seorang petani bunga dari Kampung Kebon Jeruk di pinggiran Kota Jakarta, dan Abas Tarwi seorang anggota Polisi berpangkat Bintara. Menurut pengakuan Pak Gandhi, mereka itu selanjutnya ikut menimang-nimang bayi MKGR.

4. Pada tahun 1960-an suhu perpolitikan di tanah air memanas. Persengketaan politik dan gesekan sosial meningkat bahkan menjalar di berbagai daerah. Pengaruh PKI menginfiltrasi di hampir semua lini kemasyarakatan dan pemerintahan. PKI memotori gerakan yang agitatif dan provokatif, bahkan menyerukan dibentuknya angkatan ke-5 yaitu dipersenjatainya kaum tani dan buruh pabrik. Untuk
membendung pengaruh komunis ini, kekuatan Tri Karya (MKGR, KOSGORO, SOKSI) bersama-sama dengan pimpinan Angkatan Darat, tokoh-tokoh pemuda,agamawan, guru, cendekiawan, buruh, dan petani membentuk front anti komunis. Pemberontakan G30S/PKI
mengalami gagal total. Bersama-sama dengan rakyat dan TNI, MKGR ikut terpanggil menyelamatkan bangsa ini dari ambang perpecahan, permusuhan dan kehancuran. Tak lama berselang terjadi pergantian pemerintahan dari Orde Lama ke Orde Baru.

5. Pada Oktober 1969 diadakan restrukturisasi dan konsolidasi Sekber GOLKAR yang kemudian melahirkan 7Kino (Kelompok Induk Organisasi), yaitu : MKGR, KOSGORO, SOKSI, GAKARI, Profesi, Ormas Hankam, dan Karya Pembangunan. Sekber GOLKAR inilah yang menjadi cikal bakal GOLKAR sebagai Partai Politik yang kemudian menjadi mesin politik yang disegani di tanah air.

6. Setelah Bapak Pendiri MKGR, R.H. Sugandhi, wafat pada 25 Juli 1991, Ketua Umum DPP MKGR dijabat sementara
oleh Ny. Siti Aminah Sugandhi (Ny. Mien Sugandhi). Kemudian pada tahun 1994 dalam MUBES IV MKGR Ny. Mien Sugandhi terpilih sebagai Ketua Umum DPP MKGR untuk masa bakti 1994-1999 didampingi Sekretaris Jenderal Ir. Abdullah Puteh, M.Si. Jabatan pemerintahan yang pernah dipegang oleh Ny. Mien Sugandhi adalah Menteri Negara Urusan Peranan Wanita pada Kabinet Presiden Soeharto.


7. Pada tanggal 24 September 1998 terjadi situasi politik yang dramatis ketika Ny. Mien Sugandhi secara sepihak –tidak melewati mekanisme organisasi– mendeklarasikan berdirinya Partai MKGR di Jakarta dan menyatakan dirinya sebagai Ketua Umum Partai MKGR. Hal ini membawa konsekwensi serius berkenaan dengan amanat mendiang R.H. Sugandhi yang menegaskan, bahwa: “MKGR adalah ormas. Sekali ormas tetap ormas, forever…”. Ini berarti langkah politik Ny. Mien Sugandhi jelas-jelas mengingkari ajaran orisinil Bapak Pendiri MKGR R.H. Sugandhi, sehingga tidak bisa lagi dipertahankan sebagai Ketua Umum MKGR.

JABATAN KETUA MKGR DAN PORMAS MKGR
Priode :
Ketua Umum MKGR
Ketua PORMAS MKGR

Priode :
Ketua Umum MKGR
Ketua PORMAS MKGR

Priode :
Ketua Umum MKGR

Ketua PORMAS MKGR
. © . .. .